Minggu, 27 Mei 2018

Warga Malaysia Patungan Tutupi Utang Negara, Bersediakah untuk Indonesia?


Nampaknya tidak ada negara di dunia yang tidak memiliki utang. Indonesia sendiri sempat diperbincangkan karena memiliki utang ribuan triliun. Yang untuk sebagian orang dianggap kemunduran, sebagian lagi menganggap lumrah.
AGENBANDARQ
Namun untuk negara terangga, Malaysia, warganya dilaporkan urunan alias mengumpulkan uang untuk m mbayar utang negara yang tentu tidak sedikit. Hal itu diawali setelah Perdana Menteri Mahathir Mohamad memoting 10% gaji menterinya untuk membantu menutupi utang negara.



Melansir Detik, masyarakat Malaysia menyambut rencana tersebut hingga menggalang dana dengan nama “Please Help Malaysia's' yang bergerak di media sosial.

Bukan tidak mungkin ide tersebut dilakukan di Indonesia, mengingat utang bangsa sudah mencapai Rp 4.180,61 triliun per April 2018. Peneliti dari Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Bhima Yushistira menilai aksi yang dilakukan warga Malaysia cukup brilian.
DOMINOQQ


"Idenya cukup brilian dengan membuat crowdfunding pelunasan utang. Meskipun hasilnya tidak seberapa dibandingkan total utang pemerintah yang akan dilunasi," kata Bhima.

Karena utang adalah pajak yang ditunda, jika pemerintah
AGENBANDARQ berutang dalam jumlah besar sekarang, ke depannya akan dilunasi dari pajak generasi selanjutnya. Jadi modal utang seperti itu harus dikurangi," terang Bhima.



melunasi utang juga bisa jadi perilaku positif untuk generasi milenial karena bagian jadi pencerdasan publik dan menyadari jika utang itu adalan beban ke depannya.


AGENBANDARQ

http://poloqq.com
http://artisqq.com
http://aquaqq.com
http://www.bolautama.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 artis4d