Rabu, 13 Juni 2018

Mudik Cakung-Surabaya yang Kini Hanya Butuh Waktu 14 Jam

Cek Kesiapan Cipali Hadapi Mudik Lebaran 2018

Jakarta, Perjalanan mudik pada Sabtu akhir pekan lalu, 9 Juni 2018, jauh dari prediksi Arif Rahman. Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, mudik tahun ini tak lagi disertai cerita horor kemacetan serta waktu yang terbuang percuma.

Seperti prediksi banyak orang, puncak arus mudik Lebaran tahun ini terjadi pada Sabtu pekan lalu. Namun, kondisi tersebut tidak menahan Arif Rahman untuk memulai mudiknya, meski harus menghadapi risiko macet tingkat tinggi.

Berangkat dari Cakung, Jakarta Timur, pria yang biasa disapa Omay ini memulai mudiknya pada Sabtu selepas salat Subuh. Kota Surabaya menjadi tujuan mudiknya. Sempat istirahat empat kali di beberapa rest area, Omay dan istri tiba di Surabaya pada Minggu siang, pukul 12.00 WIB.

Total waktu tempuh Cakung-Surabaya di mudik tahun ini lebih cepat 2 jam dari tahun lalu, yakni 14 jam. Sementara jarak tempuhnya lebih dari 800 kilometer.

"Secara keseluruhan, mudik tahun ini saya rasakan lebih baik dari tahun lalu. Beberapa ruas tol yang operasional dan jalan fungsional sangat membantu sekali. Koordinasi pengaturan lalu lintas juga terlihat lebih baik sehingga penumpukan antrean akibat kemacetan tidak terlalu panjang seperti sebelumnya," ungkap Omay, Selasa (12/6/2018).

Cerita mudik Omay dimulai Sabtu, tepat pukul 05.00 WIB, dengan memasuki tol JORR melalui gerbang Pulogebang. Tidak ada kemacetan berarti hingga menjelang antrean Cikarang Utama. Dari sini, dia memutuskan keluar di gerbang Cikarang Barat, kemudian masuk kembali di Cikarang Timur. Keputusan ini terbilang tepat, karena pagi itu antrean Cikarang Utama dan selepasnya sangat padat hingga rest area Km 39.

"Selepas Km 39, masih cukup padat dan baru bisa menambah kecepatan maksimal setelah Km 62 di persimpangan tol Cikampek-Cipularang. Mendekati rest area Tol Cipali Km 102 terjadi antrean, sehingga kami lakukan rehat pertama pada pukul 08.00 WIB," cerita Arif.

Perjalanan di Tol Cipali cenderung padat merayap dengan antrean setiap jelang rest area. Di exit Brebes Timur, Arif bisa masuk ke ruas Brebes-Pemalang yang berlaku sistim buka-tutup. Tol Brebes-Pemalang kondisinya cukup baik dan lancar. Hanya terdapat antrean menjelang pembayaran tol di gerbang Kertasari-Tegal.

"Namun, semua berjalan tertib karena banyak petugas kepolisian yang mengarahkan dan membantu mempercepat proses pembayaran," ujar Arif yang aktif di komunitas AvanzaXenia Indonesia Club (AXIC) ini.

Lepas menikmati jalan tol, Omay pun melanjutkan perjalanan melewati tol fungsional, seperti Pemalang-Batang. Patut waspada di sini, karena terdapat beberapa sambungan jalan yang kurang sempurna sehingga kecepatan harus dijaga, agar tidak lebih 40 kilometer per jam, supaya mobil tidak melayang keluar jalur.

Perjalanan dilanjutkan melalui tol fungsional Batang-Semarang. Kondisinya kurang lebih sama dengan tol fungsional Pemalang-Batang. Terjadi antrean mudik sekitar 2 kilometer jelang Gringsing, lantaran belum berfungsinya jembatan Tol Kalikuto yang menghubungkan Batang dengan Weleri.

"Kami diharuskan memutar keluar terlebih dahulu ke jalan nasional, yang dibuat sistem contraflow untuk kemudian masuk kembali dan melanjutkan tol fungsional menuju Semarang," ucap Arif.

Waspada di Tol Fungsional

Suasana Pengisian BBM di Tol Fungsional

Arif menyarankan agar tidak terpancing menambah kecepatan maksimal di tol fungsional. Selain kondisi sambungan jalan yang belum sempurna, juga di beberapa lokasi masih banyak warga yang menyeberang akibat jembatan penghubung yang belum selesai.

Tiba di Semarang pukul 14.00. Arif memulai mudiknya lagi esok hari pukul 07.00 lewat tol Semarang-Solo melalui gerbang Gayam Sari. Kualitas jalan tol ini patut diacungi jempol karena bagus, lebar, dan memiliki pemandangan indah. Sayang, Arif tidak bisa memasuki tol fungsional Salatiga-Kartasura karena berlaku sistem buka-tutup, akibat kepadatan antrean di tanjakan jembatan Kali Kenteng.

"Saya akhirnya keluar di gerbang Salatiga melanjutkan ke Salatiga-Boyolali menuju Solo. Saya masuk tol kembali melalui gerbang fungsional Colomadu menuju Kertosono. Kondisi tolnya relatif sepi sehingga kecepatan bisa dipacu maksimal menuju Surabaya," pungkas Arif senang.



Agen Poker, Agen Bandar, Agen Domino, Poker Online, Agen Domino Terpercaya, Bandar Ceme, Online Resmi
~~~~~~++ AQUAQQ ++~~~~~~
SOLUSI PALING TEPAT  !!!
BIG PROMO !!
* Bonus Rolinggan : 0,3% Dibagikan Setiap Hari
* Bonus Referal : 15%
Hanya di AQUAQQ.biz BANYAK KEJUTAN-KEJUTAN  !!
yang Menantikan anda !!!!!


Dengan Fasilitas Mewah :
- Cs yang cantik siap Membantu 24 Jam
- Bonus Refferal 15% Perbulan
- WD Tanpa Batas
- 100% Bebas dari BOT
- Kemudahan Melakukan Transaksi dari 5 Bank Besar
- Ribuan Meja game & Puluhan ribu Real player setiap harinya
Semua Hanya bisa didapatkan di AQUAQQ
~~~~~~++ Minimal Depo dan WD hanya 20 Rb ++~~~~~~


CONTACT PERSON :
* Facebook : Aqua QQ
* Skype : AquaQQ88
* BBM : 3352D18E
* Phone : +855964988455
* Instagram : AquaQQ & queen.lestari88






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 artis4d