Selasa, 24 Juli 2018

Kunjungi Bosnia, Pesawat Soeharto Diincar Sniper, Pengawal Ungkap Cara Sang Presiden Menghadapinya


BANDARQ Nama Soeharto tentu bukanlah sosok yang asing bagi masyarakat Indonesia. Satu penyebabnya tentu karena Soeharto merupakan presiden kedua Indonesia. Selama memimpin Indonesia, Soeharto juga banyak mengunjungi negara lain.

Satu di antaranya adalah kunjungannya ke Sarajevo, Bosnia.

Mantan Komandan Grup A Pasukan Pengaman Presiden, Sjafrie Sjamsoeddin, dalam buku Pak Harto, The Untold Stories mengatakan, kunjungan itu dilakukan Soeharto pada tahun 1995.


Kunjungan ke Sarajevo itu dilakukan Soeharto usai mengunjungi Kroasia.

Sjafrie mengatakan, dia mendapatkan kabar saat itu baru saja ada pesawat yang ditembaki di sekitar tempat itu. Pesawat tersebut mengangkut utusan khusus PBB, Yasushi Akashi saat hendak ke Bosnia.

Beruntung insiden itu tidak memakan korban.

Dalam penerbangan dari Zagreb-Sarajevo, Soeharto sama sekali tidak mengenakan rompi pengaman, dan helm. Padahal, menurut Sjafrie saat itu semua penumpang pesawat sudah mengenakannya. Namun, Soeharto tiba-tiba saja menanBANDARQyakan sebuah hal kepada Sjafrie.



"Ini tempat duduk, di bawahnya sudah dikasih antipeluru, belum"? tanya Soeharto ditirukan Sjafrie

Sjafrie kemudian menjawab, semua bagian sudah ditutup dengan bulletproof, termasuk bagian samping. Melihat Soeharto masih tak mengenakan helm dan rompi pengaman, Sjafrie terus memutar otak.

BANDARQ Akhirnya, Sjafrie pun sengaja duduk di kursi yang terletak di depan Soeharto, sambil memegang rompi dan helm. Sjafrie melakukan hal itu agar Soeharto meminta kedua benda itu, dan bersedia mengenakannya.



Namun, harapan Sjafrie justru pupus. Bukannya mengenakannya, Soeharto justru melakukan sebaliknya. "Helmnya nanti masukkan ke Taman Mini ya,! Nanti helmnya masukkan ke (museum) Purna Bhakti," ucap Soeharto saat itu.

Tidak hanya itu, Soeharto juga meminta agar Sjafrie saja yang memegang rompi itu. "Eh, Sjafrie.Itu, rompi itu cangking (bawa) saja. Kamu cangking saja," ujar Soeharto. Mendapatkan permintaan dari Soeharto seperti itu Sjafrie hanya bisa pasrah, dan menaatinya.

Melewati Sniper Valley

Menjelang pesawat mereka mendarat di Sarajevo, Sjafrie menyaksikan pemandangan dari jendela pesawatnya. Pemandangan itu berupa adanya senjata laras panjang berpeluru kaliber 12,7 mm. Menurut Sjafrie, senjata semacam itu biasa digunakan untuk menembak jatuh pesawat terbang.



Senjata tersebut terus berputar mengikuti pesawat yang ditumpanginya bersama Soeharto. Meski demikian, Sjafrie baru memberitahukan hal itu enam jam kemudian. Jafrie menyebut kawasan itu memang didiami banyak para sniper.  Sebab, wilayah itu memamg dimiliki oleh kedua belah pihak yang sedang berkonflik.
GANTIPRESIDEN Meski demikian, saat turun dari pesawat tersebut Soeharto tetap tenang.  Sikap tenang Soeharto itu juga menular kepada orang sekitarnya. "Presiden saja berani, mengapa kami harus gelisah?" tulis Sjafrie. 


Selanutnya, Soeharto dijemput pasukan PBB yang sudah menyiapkan VAB, Panser buatan Prancis. Begitu kendaraan itu berjalan, Soeharto pun menanyakan sesuatu. "Sekarang ini kita berada di mana?" tanya Soeharto ke Atase Pertahanan. Pihak Atase Pertahanan kemudian menjawab mereka sedang berada di Sniper Valley

http://aquaqq.com
http://www.bolautama99.comwww.4dartis.net
http://poloqq.org
http://artisqq.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 artis4d