Minggu, 28 Oktober 2018

Indonesia U-19 Selangkah Lagi Menuju Piala Dunia U-20


Egy Maulana Vikri (kanan), Syahrian Abimanyu (kiri) dan Hanis Saghara Putra berpelukan usai Indonesia mengalahkan Uni Emirat Arab dalam penyisihan Grup A Piala Asia U-19 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Rabu (24/10/2018).

Selangkah lagi tim nasional BANDARQ Indonesia U-19 akan lolos ke Piala Dunia U-20 2019. Tiket itu bakal didapat jika mereka lolos ke semifinal Piala AFC U-19. Seluruh tim yang lolos ke babak empat besar otomatis akan bertarung di Polandia pada 25 Mei-16 Juni tahun depan.

Lawan yang harus ditaklukkan memang berat. Pasukan Indra Sjafri mesti mengalahkan Jepang, juara Piala AFC U-19 2016, pada perempat final di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Minggu (28/10/2018), pukul 19.30 WIB.


Indonesia U-19 pernah dua kali berhadapan dengan tim dari Negeri Matahari Terbit itu dan selalu kalah. Pertama kalah 0-7 pada Piala AFC U-19 2009 dan kemudian 1-4 dalam laga persahabatan pada 25 Maret 2018 di SUGBK.

Selain itu, tim yang dilatih Masanaga Kageyama tersebut juga tampil sempurna pada babak penyisihan. Mereka beruturut-turut mengalahkan Korea Utara (5-2), Thailand (3-1), dan Irak (5-0) untuk menjadi juara Grup B.


Sementara Indonesia adalah runner up Grup A dengan enam poin hasil dua kali menang--atas Taiwan dan Uni Emirat Arab--dan sekali kalah dari juara grup, Qatar.

AGENBANDARQ Tantangan memang berat, tetapi Indra Sjafri menyatakan sudah mengetahui kelebihan dan kekurangan lawan dan telah mempersiapkan taktik untuk meredam lawan. Pelatih berusia 55 tahun itu juga mengaku sudah mempunyai cara untuk mengubah tekanan menjadi motivasi bagi para Garuda Muda.

"Saya setiap hari mengajak aura positif untuk ke seluruh pemain. Kami akan berjuang demi meraih kemenangan melawan Jepang. Yang jelas anak-anak sudah siap tempur untuk laga besok," ujar Indra dalam situs resmi PSSI, Sabtu (27/10).


"Para pemain bertekad bahwa laga besok ibarat final jadi harus bermain maksimal, konsentrasi, dan disiplin. Saya berharap besok suporter yang memenuhi Stadion GBK memberikan dukungan yang santun, perlihatkan kultur bangsa. Jangan pressure untuk mengubah game plan kita."

Ia menegaskan bahwa lolos ke Piala Dunia U-20 adalah impian dirinya dan para pemain. Bertanding tepat pada Hari Sumpah Pemuda ke-90, juga menjadi motivasi tersendiri bagi Garuda Muda untuk mencatatkan nama mereka dalam sejarah.

"Fokus semangat Sumpah Pemuda adalah momentum. Jika dulu momentumnya adalah memerdekakan diri dari penjajah, maka sekarang momentumnya adalah untuk memerdekakan sepak bola Indonesia," tutur Indra.


Sang pelatih juga berharap 70.000 penonton akan datang ke SUGBK dan memberi pengaruh positif kepada para pemain.

DOMINOQQ Saat ditanya pendapatnya mengenai "Lione Messi dari Jepang", Takefusa Kubo, Indra menegaskan bahwa dia adalah pelatih yang fokus pada 11 pemain di lapangan.

"Butuh 11 pemain di lapangan dan saya pikir satu pemain takkan bisa membuat perbedaan," ujarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 artis4d