Rabu, 24 Oktober 2018

Pembobol ATM BCA Gondol Rp 673 Juta, Hilangkan Jejak Bermodal Cat Semprot




Sebuah mesin ATM BCA di dalam minimarket Jalan Raya Trowulan, Desa Watesumpak, Trowulan, Kabupaten Mojokerto, dibobol pencuri Sabtu (20/10) pukul 00.28 WIB.

DOMINOQQ Para pembobol ATM BCA mengambil uang tunai senilai Rp 673,7 juta.

Mesin ATM milik Bank BCA itu baru diisi penuh pada Jumat (19/10/2018) sore dengan uang pecahan Rp 100 ribu dan Rp 50 ribu senilai Rp 920 juta.

Kasat Reskrim Polres Mojokerto AKP Muhammad Solikhin Fery  mengungkapkan, tersangka diduga sebelumnya berbelanja di minimarket tersebut.



Sebab, mereka tahu persis posisi lemari pendingin minuman yang dijadikan pijakan.

"Kemungkinan bisa saja seperti itu (pernah berbelanja di minimarket) karena tahu posisi ATM dan lemari es," katanya, Senin (22/10/2018).

Pelaku melancarkan aksinya ketika minimarket telah tutup sekitar pukul 22.00 WIB.

Mereka masuk melalui rumah kosong yang berada di samping kiri minimarket. AGENBANDARQ

Di sisi lain, para pelaku juga menyemprotkan cat ke sejumlah CCTV.

Dari 8 CCTV, ada 6 yang disemprot cat oleh terasangka.Dua CCTV itu menyorot ruang gudang dan depan minimarket.
"Di rumah kosong kami mendapati ada bekas kaki di tembok. Untuk kendaraan yang digunakan pelaku kami belum dapat memastikan," terangnya.

Terkait kendaraan yang digunakan pelaku, Fery masih belum dapat memastikan.Pasalnya, tak ada kamera CCTV yang mengarah langsung ke jalan atau rumah kosong.Demikian halnya terkait Jenis kelamin dua pelaku Fery juga belum memastikan.


"Kalau kelamin tidak tahu pastinya. Karena wajahnya tertutup, tetapi dilihat dari cctv, sepertinya laki-laki," terangnya.

Fery menambahkan, pembobolan ATM menggunakan las merupakan kasus pertama diMojokerto. Kasus ini masih dalam penyelidikan Polres Mojokerto.

"Kasus ini baru sekali terjadi di Mojokerto. Untuk pelaku belum diketahui berasal darikelompok mana," pungkasnya.
Peristiwa ini pertama kali diketahui pegawai minimarket pada keesokan harinya sekira pukul 08.00.

Sesaat minimarket buka pegawai ini terkejut melihat ATM BCA rusak.Kemudian, pegawai tersebut melaporkan aksi pencurian ke Polsek Trowulan.Petugas langsung meresponsdengan mendatangi tempat kejadian perkara (TKP). BANDARQ

Di tempat kejadian petugas kepolisian menemukan sebuah kacamata warna hitam yang diduga dipakai pelaku saat mengelas kotak uang di mesin ATM.

Selain itu polisi menemukan sebuah botol berisi air minum yang diduga untuk mendinginkan alat las. (*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 artis4d