Sabtu, 13 Oktober 2018

Usir Relawan Asing, Ponakan Prabowo: Pemerintah Arogan



BANDARQ Anggota Komisi VIII DPR RI, Rahayu Saraswati Djojohadikusumo geram dengan sikap berlebihan pemerintah yang mengusir relawan asing. Pemerintah, seharusnya mengapresiasikan relawan asing yang dengan luar biasa terjun langsung membantu korban bencana Palu.

"Ironis dan terlihat arogansi sikap pemerintah terhadap relawan asing. Tetapi, di sisi lain menerima dengan tangan terbuka bantuan barang dan finansial," ujar Rahayu dalam keterangan yang diterima VIVA, Jumat 12 Oktober 2018.

Ponakan Prabowo Subianto ini mengakui, ada regulasi yang mengatur tentang keberadaan relawan asing di lokasi bencana. Namun, ia menilai, pemerintah tidak konsisten menerapkan aturan tersebut di sejumlah lokasi bencana.


"Ya memang, regulasi itu ada, untuk keamanan relawan dan keamanan nasional. Tetapi, selama ini regulasi tidak dijalankan konsisten dari Lombok sampai Palu. Belum lagi, minimnya sosialisasi aturan itu yang membuat semuanya terlihat tidak jelas," ujarnya.

Ia mempertanyakan, kapan DOMINOQQ pemerintah membuka seluas -luasnya bantuan asing, termasuk keahlian dan akses perlengkapan relawan asing di lokasi becana.

Sebab, kondisi negara saat ini sudah kesulitan untuk menutupi kebutuhan korban di Lombok, Palu, dan dengan tambahan di Jawa Timur.


"Seberapa parah kondisi korban dan lokasi gempa untuk pintu bantuan dibuka seluas-luasnya? Saran saya, regulasi cukup dengan 'police background check certificate' yang dimintakan dari setiap relawan asing dan berkolaborasi dengan organisasi lokal,"  ujarnya.

Rahayu juga mengingatkan, pemerintah untuk mengedepankan transparansi dalam penyaluran bantuan barang maupun finansial. AGENBANDARQ

Berdasarkan informasi Kementerian Luar Negeri, ada 18 negara yang memberi bantuan fisik dan finansial untuk korban gempa Palu.


"KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) perlu mengawasi dan mengawal penyaluran bantuan untuk menghindari penyimpangan. KPK pernah membuka kantor di Aceh, saat bencana Aceh, dan hal yang sama perlu dilakukan di Palu," ujar Rahayu.

18 Negara yang sudah menyalurkan bantuan untuk korban Palu dan sekitarnya adalah Amerika Serikat, Perancis, Republik Ceko, Swiss, Norwegia, Hongaria, Turki, Australia, Korea Selatan, Arab Saudi, Qatar, New Zealand, Singapura, Thailand, Jepang, India, China, dan Uni Eropa.

1 komentar:

  1. Ingin dapatkan jutaan bahkan puluhan juta rupiah setiap harinya? hanya disini yang bukan hanya janji tapi bukti
    Rasakan Juga Serunya bermain New Game dari kami BANDAR66 online
    -----------------------------------------------------------------------**
    Promo dari Sahabat Poker sebesar 0.5% untuk cashback & 15% bonus referal (life time)
    ----------------------------------------------------**
    Yuk Daftakan Sekarang Juga Hanya Di www,sahabatpoker99,info
    Agen Domino & Poker Terbesar Di Indonesia !!
    Dapatkan Pelayanan Livechat 24 jam dengan CS Kami yang Cantik-Cantik Dan juga Responsive
    #pokeronline

    BalasHapus

 artis4d