Jumat, 02 November 2018

Penuh Perjuangan, Ini Cerita Penyelam yang Berhasil Temukan Black Box Pesawat Lion Air JT 610



Black box atau kotak hitam pesawat Lion Air PK-LQP JT 610 telah ditemukan Kamis (1/11/2018). Ini cerita perjuangan penyelam yang berhasil menemukan.

DOMINOQQ Kotak hitam atau black box pada pesawat Lion Air PK-LQP JT 610 telah ditemukan di perairan Karawang, Jawa Barat, pada Kamis (1/11/2018).Black box Lion Air JT 610 ditemukan oleh penyelam TNI AL, Sertu Marinir Hendra pada pukul 10.00 WIB.

Black box langsung dibawa ke KM Baruna 01.

Dikutip TribunStyle.com dari Tribunnews, Sertu Hendra harus berjuang melawan derasnya arus laut saat mencari black box.


Hingga akhirnya black box berhasil ditemukan.Diketahui, derasnya arus di perairan Karawang ternyata menjadi kendala utama dalam proses pencarian black box.

Ia menceritakan saking BANDARQ derasnya arus air laut membuat ia sampai menggunakan tali agar tidak terlempar dan terbawaarus.Namun ternyata tali yang digunakannya justru menghambat proses penyelamannya.
Karena menghambat, ia kemudian kembali ke posisi awal untuk melepas tali tersebut.

"Begitu kami turun arusnya kencang kemudian dengan keterbatasan, kita menggunakan tali untuk tidak terlempar dan tidak terbawa arus karena tali tersebut agak menghambat, kami kembali lagi ke posisi awal untuk melepas tali," kata Hendra seperti yang dikutip dari Tribunnews.


Tak hanya tu, Hendra juga mengaku sempat putus asa karena tidak kunjung menemukan serpihan pesawat.

Ia awalnya hanya menemukan serpihan-serpihan kecil.

"Memang kami putus asa pada saat mengkuti alat karena pertama-tama serpihan lesawat tidak banyak kami temukan, hanya bongkahan kecil," kata Hendra.

Selain itu, ia juga mengungkapkan keadaan di dasar lautyang berlumpur.
Sehingga, ia harus menggali lumpur lebih dulu untuk kemudian berhasil menemukan black box.



"Kami yak terus kami ikutin alat kami kecilkan sensitifnya hingga area semakin mengecil lalu pada tempat (lokasi) alatnya menimbulkan reaksi sensitif tersebut kami gali-gali kami mendapatkan black box," kata Hendra.

Kotak hitam atau black box berhasil ditemukan pada Kamis (1/11/2018) pagi, pukul 10.00 WIB.

DOMINOQQ Dikutip dari tayangan Breaking News MetroTV, black box ditemukan di lokasi berjarak 400 meter dari lokasi terakhir hilangnya Lion Air JT 610 dengan kedalaman 30 meter.

Sebanyak 850 orang dalam tim gabungan ditugaskan untuk melakukan proses pencarian.


Selain itu, dalam proses pencarian, sebanyak 44 kapal dikerahkan
Sinyak kotak hitam atau black box sebelumnya telah terdekteksi oleh tim SAR pada Rabu (31/10/2018).
Sinyal black box berhasil terdekteksi oleh alat transponder USBL Kapal Baruna Jaya 1 milik BPPT pada Rabu siang 12.25 WIB.

Sinyal black box terdekteksi pada lokasi kurang lebih 15 Kilo
Meter.Lokasi sinyal tersebut berada di koordinat S 05 48 48. 051 - E 107 07 37 .622 dan pada koordinat S 05 48 46.545 - E 107 07 38.393.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 artis4d