Sabtu, 16 Februari 2019

Uang Pesangon yang Memperkaya Jose Mourinho



Kalau manajemen Manchester United memecat saya, apakah Anda tahu berapa besar uang yang harus dibayarkan?"

Pertanyaan tersebut dilayangkan oleh Jose Mourinho kepada jurnalis La Republica, September 2018 lalu. Pria Portugal itu bertutur demikian merespons isu pemecatan yang semakin gencar akibat rangkaian hasil minor yang menerpa United.

bandarq Posisi Mourinho tergolong kuat. Dengan sisa kontrak dua tahun, maka United harus menggelontorkan uang cukup besar sebagai kompensasi pemutusan ikatan kerja sama. Namun, manajemen tak lantas gentar dan melayangkan surat pemecatan pada Desember 2018.

Rapor merah klub di bawah asuhan Mourinho menjadi dasar di balik pemutusan kontrak. Hanya tujuh kemenangan dan lima imbang dibukukan 'Iblis Merah' dalam 17 pertandingan Premier League 2018/19 yang dilalui bersama Mourinho.

Nah, yang sempat menyisakan pertanyaan dalam dua bulan terakhir, berapa nominal yang harus disetor United ke rekening Mourinho untuk uang pesangon? Pertanyaan ini akhirnya terjawab lewat laporan keuangan United untuk kuartal kedua.


Pengeluaran luar biasa untuk kuarter ini mencapai 19,6 juta poundsterling (sekitar Rp 353,8 miliar), berkaitan dengan kompensasi untuk eks manajer dan sejumlah staf pelatih," demikian tertulis di laporan yang dirilis Bursa Efek New York, Kamis (14/2/2019).

Kepergian Mourinho memang diikuti orang-orang kepercayaannya di jajaran pelatih. Di antaranya Silvino Louro (pelatih kiper), Ricardo Formosinho (pemandu bakat), Giovanni Cerra (analis), Stefano Rapetti, serta Carlos Lalin (pelatih kebugaran).

Sudah tentu kompensasi paling besar diterima oleh Mourinho. Menurut laporan Guardian, nilainya mencapai 15 juta poundsterling atau setara gajinya selama 12 bulan di United. Adapun, 4,6 juta poundsterling tersisa didistribusikan ke lima orang yang mengekor hengkang dari Old Trafford.

Ditambah uang pesangon United, maka dominoqq semakin gendut rekening Mourinho karena skenario pemecatan. Sebelumnya, dia juga telah mengantongi 23,1 juta poundsterling sebagai kompensasi pemutusan ikatan kerja sama oleh Chelsea.

Menurut Companies House, 15 juta poundsterling di antaranya dibayarkan The Blues saat mendepak Mourinho pada 2007. Sisanya atau 8,3 juta poundsterling menjadi pesangon sang juru taktik ketika ditendang pada 2015.

Besaran pesangon Mourinho tentu harus menjadi pelajaran untuk klub-klub yang hendak meminangnya. Jangan cuma tergiur rekam jejaknya yang dipenuhi berbagai trofi bergengsi. Pikirkan juga pemborosan andai Mourinho gagal memenuhi ekspektasi yang diberikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 artis4d