Rabu, 03 April 2019

Polisi soal Keluhan Ratna: Jika Tak Suka Jangan Masuk Penjara



Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono menepis keluhan Ratna Sarumpaet soal sel tahanannya di Rutan Mapolda Metro Jaya. Argo menyebut, kondisi ruang tahanan terdakwa dugaan penyebaran hoaks itu sudah layak huni.

Hal ini dikatakan Argo merespons keluhan Ratna soal ruang tahanan yang tidak nyaman dan membuatnya sakit.

bandarq Argo mengatakan, semua tahanan harus menerima kondisi yang ada, mengingat semua fasilitas yang diberikan sudah cukup memadai. Dia hanya menekankan, bahwa kondisi yang diterima Ratna merupakan resiko atas perbuatan pidana.

"Kalau enggak suka jangan masuk penjara (jangan berbuat pidana)," kata Argo di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (2/4).


"Ruang sel Ratna sudah layak ya. Biar nyaman, biar betah," ujarnya.

Terkait dengan ketiadaan ventilasi di ruang tahanan, Argo menyebut bahwa di ruang tahanan memang tidak memiliki ventilasi. Hal tersebut sudah sesuai dengan prosedur atau ketentuan sebuah ruang tahanan.

"Enggak ada ventilasi, karena nanti kalau dimasukin lilin sama orang lain gimana?" ucap Argo.

Selain itu, Argo juga membantah soal ketiadaan kasur di ruang tahanan Ratna. Menurut Argo, pihaknya menyiapkan kasur untuk Ratna. Kasurnya pun bukan kasur lantai.

"Bukan kasur di lantai, tidak, kita ada kayu tinggi dikasih karpet, lalu kasur," tuturnya.

Selain itu, juga ada sejumlah fasilitas lain yang ada di ruang tahanan Ratna seperti lampu yang terang serta kipas angin.



Imbasnya, kata Ratna, dirinya mengalami dislokasi dengkul. Kondisi tersebut yang kemudian membuat dirinya kembali mengajukan diri menjadi tahanan kota.

"Saya misalkan sakit dengkul, dengkul saya suka misplace (dislokasi) suka keluar dari sarangnya, kalau di tempat tidur biasa kaki saya bisa turun duluan," ujar Ratna di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan, Selasa (26/3).

Selain itu, Ratna menambahkan, dirinya cukup terganggu dengan kondisi sel yang tidak berventilasi. Hal itu menjadi masalah selama dia mendekam di rumah tahanan Polda Metro Jaya. dominoqq

"Iya, satu terutama karena ventilasinya," katanya.

Ratna diketahui telah beberapa kali mengajukan permohonan kota, namun semuanya ditolak. Terakhir, Majelis Hakim PN Jakarta Selatan menolak permohonan tersebut karena menganggap tak ada alasan penting untuk mengabulkannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 artis4d