Rabu, 03 April 2019

Slamet Ditolak Tinggal di Dusun Karet, Bantul karena Bukan Muslim



Slamet Jumiarto (42), seorang ayah dengan dua orang anak itu tak menyangka keputusan pindah kontrakan ke Padukuhan (Dusun) Karet RT 8, Desa Pleret, Kecamatan Pleret, Kabupaten Bantul, pada Jumat (29/3) berbuntut panjang. Dia ditolak oleh perangkat desa di daerah itu karena non-muslim.

“Jadi mulai tanggal 29 Maret kemarin saya dan istri serta mulai menempati kontrakan ini. Sebelum menempati kita juga konfirmasi dulu kepada pemilik rumah dan yang mencarikan, katanya tidak apa-apa non-muslim,” ujar Slamet ditemui di kontrakannya, Selasa (2/4).

Slamet yang berprofesi sebagai seniman lukis ini pada Minggu (31/3) lantas melapor ke ketua RT. Di sana ia memberikan fotokopi KTP, KK, hingga surat nikah. Namun lantaran diketahui agamanya Katolik, dia dan keluarganya ditolak menempati kontrakan dan lingkungan sekitar oleh ketua RT dan kepala dukuh.


“Kemudian paginya saya ketemu ketua kampung itu pun juga ditolak kemudian saya ingin ketemu Pak Dukuh, cuma waktu kemarin belum tahu rumahnya belum tahu namanya. Mungkin karena saya terlalu emosi dengan hal ini kemudian saya langsung melaporkan hal ini ke sekretaris Sultan HB X (Hamengku Buwono X),” jelasnya.

Menurut Slamet, penolakan perangkat desa itu didasarkan pada Surat Keputusan Pokgiat Tentang Persyaratan Pendatang Baru di Padukuhan Karet yang ditandatangani oleh Ketua Pokgiat dan Kepala Dusun Karet.

Dalam surat yang dibuat pada 19 Oktober 2015 itu salah satu syarat pendatang baru di Karet adalah harus Islam. Di situ dituliskan Islam yang dimaksud adalah sama dengan paham yang dianut oleh penduduk Padukuhan Karet yang sudah ada. dominoqq

Di surat itu juga tertuang bahwa penduduk Pedukuhan Karet keberatan untuk menerima pendatang baru yang menganut aliran kepercayaan atau agama di luar Islam.

“Kemudian (setelah lapor sekretaris Sultan) ditindaklanjuti saya dipanggil di kantor Sekda DIY kemudian ke Sekda Bantul kemarin diantar ke Kelurahan (kantor desa) Pleret, di sana saya bertemu Pak Lurah, Pak Dukuh, Pak Ketua (RT) dipanggil. Musyawarah, tapi ditolak,” kata dia.


Lantaran ditolak, Slamet bersikeras untuk mediasi. Pada Senin (1/4) malam, Slamet mediasi dengan warga hingga pukul 22.00 WIB. Beberapa sesepuh warga menurutnya telah memperbolehkan dirinya tinggal di situ. Ketua RT lantas memberikan opsi agar Slamet bisa tinggal di Karet selama 6 bulan.

Slamet keberatan dengan opsi itu. Musababnya, dia sudah mengeluarkan kocek sebanyak Rp4 juta untuk satu tahun ngontrak. Dia bahkan sudah mengeluarkan duit sebesar Rp800 ribu untuk renovasi rumah dan Rp400 ribu untuk transpor renovasi.

“Terus yang 6 bulan lagi dikembalikan agenbandarq dalam bentuk uang. Kalau tidak satu tahun saya mending minta uangnya lagi full satu tahun ke pada saya. Kalau hanya 6 bulan kan buat apa. Sama aja penolakan secara halus kepada saya. Kalau memang boleh ya boleh kalau nggak ya nggak gitu aja,” ujarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 artis4d